Bos Ducati : Kami Tak Butuh Dan Tak Takut Kehilangan Dispensasi

Tipsotomotif.com – Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna General Manager Ducati mengaku pihaknya sama sekali tak merasa takut kehilangan ‘dispensasi’ berupa kelonggaran aturan teknis saat menjalani musim MotoGP 2016 nanti.

Ducati yang belum menang lagi sejak 2010, mendapat dispensasi berupa bahan bakar ekstra (24 liter dibanding 20 liter milik Yamaha dan Honda), lebih banyak mesin (12 mesin dibanding lima mesin milik Yamaha dan Honda), alokasi ban ekstra lunak (tak mendapat alokasi ban ekstra keras), bebas melakukan uji coba, dan tak berada di bawah aturan engine freeze.

Dispensasi yang tak dirasakan tim-tim pabrikan Yamaha dan Honda inipun akan melayang dari tangan Ducati mulai tahun depan, mengingat hasil podium Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso musim ini telah membuat Ducati mengumpulkan enam poin konsesi.

“Ban ekstra lunak membantu kami saat menjalani kualifikasi, jelas tidak saat balapan. Terkadang kami tak bisa menemukan ban terbaik, karena kami tak menggunakan ban paling keras. Tapi jika kebanyakan pebalap pabrikan Honda dan Yamaha menggunakan ban paling keras, maka mungkin ban ini memang yang terbaik dan mungkin juga masa depan kami lebih cerah,” ujar Dall’Igna.

“Musim ini kami menggunakan 22 liter bahan bakar, maka tahun depan kami akan menggunakan jumlah yang sama. Jadi kami tak harus mengembangkan area ini. Tentu pabrikan lain akan meningkatkan performa dengan kenaikan dua liter, namun jujur saja Ducati masih bisa punya keunggulan dalam performa mesin tahun depan,” tambahnya.

Dall’Igna pun percaya diri Ducati bisa kembali bersaing di level yang sama dengan Yamaha dan Honda tahun depan.


Loading...

Leave A Comment?