Cara Diler Bikin Kinclong Mobil Bekas Seperti Baru

Tipsotomotif.com – Mobil bekas merupakan salah satu solusi bagi para konsumen yang ingin membeli kendaraan dengan perhitungan ekonomis. Meski berstatus bekas, bukan berarti sepi peminat, karena saat ini penjualan mobil bekas terus moncer meski edisi barunya juga banyak dikeluarkan pabrikan.

Menurut Sunanta, penggawa Dave Car di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, umumnya pembeli mobil bekas selalu mempertimbangkan penampilan sebelum memutuskan untuk membelinya. Maka itu, para penjual selalu berusaha mempercantik barang dagangannya dengan cara tertentu.

Selain mesin, kata dia, hal yang perlu juga dirawat adalah interior mobil agar tidak terlihat kotor dan mampu menjadi daya tarik bagi konsumen. “Kalau interior kotor, bersihkan dengan obat interior, seperti sabun cair dan sikat dengan halus,” kata dia berbagi tips saat berbincang dengan VIVA.co.id, di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Selasa, 3 Mei 2016.

Dia juga menyampaikan, untuk urusan eksterior, tak pernah menggunakan jasa salon mobil agar tampil kece dan dijual kembali. Dia lebih tertarik mencuci sendiri melalui anak buah dengan teknik tertentu. “Menjaga kebersihan dari cat mobil itu jangan ke salon, cuci sendiri saja untuk bodi, supaya tidak cepat luntur catnya,” kata dia.

Tips umum yang acap kali digunakan para penjual mobil bekas adalah menggunakan cairan poles yang berkualitas. Ada dua jenis cairan poles, yaitu jenis Wax dan Hard Shell. Jenis cairan poles wax harganya lebih murah dan daya tahan polesnya juga lebih sebentar daripada jenis Hard Shell. Artinya, poles kedua-lah yang digunakan untuk mempermanis mobil.

Sementara itu, menurut Budimanto, salah seorang penjual mobil bekas yang berada di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, perhatikan cairan poles yang digunakan. Jangan sampai menggunakan produk poles yang sudah berumur lebih dari dua tahun, karena justru membuat cat mobil menjadi kusam dan timbulnya bercak noda.

“Kalau untuk baret-baret halus, biasanya kami pakai cairan scratch remover. Banyak dijual di toko-toko aksesori. Cairan ini aman kok, tidak merusak cat juga,” kata dia.

Sementara untuk menghapus goresan halus yang ada di kaca dan ingin membuat tampilan kinclong, adalah menggunakan cerium oxide atau bubuk poles kaca yang banyak dijual di toko.

“Kaca yang baret-baret diamplas halus dahulu, nanti baru pakai bubuk poles kaca. Hasilnya bagus. Saat memoles kaca, sebaiknya lakukan juga sambil menyiramkan air ke kaca mobil. Ini penting agar terhindar retak terkena panas akibat gesekan bubuk poles dan amplas,” kata dia.


Loading...

Tagged:

About The Author