Jangan Lakukan Hal Berikut Pada Motor Injeksi Jika Tak Ingin Aki Cepat Soak

Tipsotomotif.com – Di zaman sekarang, industri otomotif tengah gencar menerapkan teknologi injeksi untuk setiap produksi masal mereka. Motor-motor yang sudah berteknologi injeksi bahan bakar saat ini bekerja dengan beragam sistem kelistrikan. Untuk itu, aki menjadi salah satu perangkat paling penting pada motor injeksi.

Jika pemilik motor melakukan kebiasaan buruk, maka aki motor akan cepat soak. Aki yang soak tentu akan menyulitkan pengguna motor dengan teknologi. Aki yang mati bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan, sensor-sensor tidak bekerja maksimal, bahkan dalam kasus parah, kerusakan akan merembet.

Aki yang cepat mati disebabkan oleh penggunaan starter elektrik saat lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) masih menyala. MIL adalah lampu indikator yang ada di cluster meter dan biasanya berwarna kuning. Biasanya ketika kunci kontak diposisikan ke ‘ON’, lampu MIL akan menyala, dan beberapa saat kemudian mati lagi jika kondisinya normal.

Jadi, ketika ingin menyalakan mesin motor, tunggu lampu MIL mati terlebih dahulu. Kalau lampu MIL masih menyala dan mesin langsung dihidupkan, maka sistem akan menyedot arus setrum lebih banyak. Tips lain agar aki lebih awet adalah penggunaan kick starter atau engkol untuk menghidupkan mesin motor. Saat pertama kali menyalakan mesin motor di pagi hari, jangan langsung menggunakan starter elektrik.


Loading...

Was this article helpful?

Related Articles