Mitsubishi Akan Berikan Kompensasi Terkait Skandal Efisiensi Bahan Bakar

Tipsotomotif.com – Produsen otomotif asal Jepang Mitsubishi Motors dan Nissan Motor berencana akan memberikan kompensasi terkait skandal efisiensi bahan bakar minyak di beberapa mobil yang mereka pasarkan di Jepang. Pemberian kompensasi ini untuk menutupi pajak yang lebih tinggi dan termasuk biaya bahan bakar.

Presiden Mitsubishi Motors dan Presiden Nissan Motor sudah menandatangani surat dan akan dikirim ke konsumen melalui diler dalam waktu dekat. Dalam surat itu, kedua merek otomotif asal Jepang tersebut meminta maaf atas skandal data efisiensi bahan bakar dan menyebutkan kebijakan kompensasi.

Mitsubishi Motors juga akan menanggung kompensasi pada pelanggan Nissan terkena dampak skandal efisiensi BBM ini. Sebagai informasi, di Jepang, empat mobil kecil yang diproduksi Mitsubishi melanggar aturan dalam pengujian efisiensi bahan bakar. Dua dari empat model yang diuji yaitu eK Wagon dan eK Space yang diproduksi sejak 2013.

Model lainnya yang masuk dalam ujicoba tersebut yakni Dayz dan Dayz Roox yang diproduksi untuk Nissan Motors. Mitsubishi pernah menyebut konsumsi BBM eK Wagon mencapai 30 km/liter dengan mesin 657 cc. Kementerian Transportasi Jepang kini meminta pengujian efisiensi BBM ulang pada mobil Mitsubishi dan Nissan. Pengujian dimulai pada 2 Mei lalu, tapi kemungkinan besar tidak akan selesai sampai Juni mendatang.


Loading...

Tagged: