Pria Tua Italia Doyan Koleksi Motor Tua

Tipsotomotif.com – Pasquale Mesto dari Archivisio Storico Motociclisto Stalentino adalah pria Italia berumur 57 tahun yang sangat hobi mengoleksi motor tua.

“Saya tidak suka motor baru, minimal motor berumur 30 tahunan. Motor baru memang motor yang sempurna, tapi bukan untuk saya,” ujar Mesto.

Pria yang memiliki seorang anak perempuan ini memiliki setidaknya 30 motor model lama, dan setidaknya motor koleksinya minimal berumur 30 tahun.

Pria yang berprofesi sebagai akuntan ini Selain mengoleks juga aktif merestorasi motornya sendiri. Tetapi dia tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk merestorasi, namun satu per satu motor lama dia perbaiki sehingga bisa berjalan dengan baik.

Salah satu yang ia kerjakan adalah motor Triumph tahun 1930-an yang diubahnya dari besi berkarat menjadi motor dengan nilai tinggi. Selama 14 tahun dia dengan sabar mengubah motor kembali sempurna. Berbagai motor model lainnya seperti Indian, Gilera sudah menanti sentuhan Mesto.

Pria ini juga menyimpan sekitar 37.000 dokumen baik itu majalah, katalog, brosur motor. Masuk dalam koleksinya adalah buku mengenai mobil yang pertama di dunia, serta buku tentang motor dalam bahasa Italia yang pertama terbitan tahun 1899. Semua dokumen itu disimpan di apartemen dan ruang bawah tanah miliknya.

Namun dari seluruh koleksinya, hanya ada satu merek motor yang begitu dikaguminya. Merek itu adalah Italjet. Sebuah perusahaan motor kecil di Bologna yang sempat bangkrut di tahun 2004, dan kini berubah menjadi produsen sepeda-sepeda listrik.

“Saya rasa Italjet adalah merek motor yang dikenal di seluruh dunia. Kenny Robert (legenda MotoGP) memiliki minibike Italjet. Italjet ini sukses di semua sektor, motor mini sampai ke MotoGP, padahal perusahaannya kecil. Dalam 40 tahun, ada 200 model yang mereka telurkan,” ujar Mesto.

Satu motor Italjet yang sangat berkesan baginya adalah Griffon 900. “Itu adalah satu-satunya motor konsep,” sebutnya.

Kini seluruh koleksi motor disimpan Mesto di dua ruang bawah tanah di Bologna. Kedua tempat penyimpanan motor itu tidak berjauhan. Yang satu di apartemennya, satunya lagi di tempat lain di Bologna.


Loading...

Leave A Comment?