Tips Beli Audio Mobil Agar Tidak Tertipu

Tipsotomotif.com – Banyak pemilik mobil merasa sound system mobilnya kurang maksimal. Mereka kemudian meng-upgrage perangkat itu. Sayang, tidak semua paham bagaimana cara yang tepat membeli atau memilih sound system yang baik.

Pengetahuan yang tidak memadai inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh penjual ‘nakal’ untuk menggelembungkan harga. Menurut Rudi Purnomo, Marketing Communication bengkel audio Cello, hal seperti ini tidak jarang terjadi.

“Misalnya uang yang keluar Rp 10 juta. Padahal kalau benar, dengan biaya hanya Rp 4 juta, sudah bisa dapat sound system dengan kualitas yang sama,” ujar pria yang juga pernah berprofesi sebagai wartawan media cetak ini.

Untuk itu, ujar Rudi, yang harus diketahui konsumen adalah tidak harus semua komponen diganti, melainkan yang paling utama hanya speaker dan head unit saja. “Itu wajib hukumnya,” ujar Rudi di sela kontes modifikasi EMMA, Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (25/11/2015).

Rudi menambahkan, jenis speaker yang dibeli sebaiknya berjenis high efficiency. Berbeda dengan speaker standar, speaker jenis ini membutuhkan tenaga relatif kecil, tetapi memiliki kemampuan besar.

Ia juga menyarankan konsumen agar mencoba lebih dulu kualitas audionya. Menurutnya, audio yang baik adalah tidak membuat telinga sakit. “Patokannya kalau di telinga tidak sakit, tetap nyaman didengar meskipun dengan suara besar,” imbuh Rudi.

Menurutnya, audio yang baik juga dapat diketahui dari ‘kelengkapan’ suara. “Kalau yang buruk, jika kita dengar baik-baik, bass-nya itu kurang terdengar. Ini murni mengandalkan indra pendengaran,” tambahnya.


Loading...

Tagged:

About The Author

Leave A Comment?