Yamaha Enggan Pasarkan R3 Di Indonesia Karena Tingginya Pajak

Tipsotomotif.com – Beberapa waktu lalu Yamaha India telah mengumumkan segera meluncurkan Yamaha YZF-R3 Sportbike. R3 yang dipasarkan di India merupakan hasil produksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Hal itu dibenarkan oleh Mohammad Masykur, asistant GM marketing PT YIMM.

Meski sudah diekspor, tapi Yamaha belum mau memasarkan motor berkarakter sport itu di Indonesia. Ada beberapa pertimbangan, di antaranya soal harga jual. Untuk diketahui, motor dengan kapasitas 250 cc akan dikenai pajak tambahan sekira 60 persen di Indonesia.

“Strateginya sudah ada, namun waktunya kapan dan sebagainya saya tidak punya akses ke sana. Tapi sudah sangat jelas kalau kita jual R3, misalkan harganya Rp53 juta ditambah pajak 60 persen berarti berarti tambah Rp30 juta jadi harganya sekira Rp80 jutaan. Nah, sekarang balik lagi ke konsumen kira-kira mau tidak dengan harga segitu, ” jelas Masykur.

Yamaha R3 didukung mesin twin-silinder fuel injection berkapasitas 321 cc dan dipadukan dengan transmisi manual enam percepatan sehingga mampu mengeluarkan tenaga sekuat 42 PS serta torsi 29,6 Nm. Sepeda motor bergaya sport ini memiliki panjang 2.090 milimeter (mm), lebar 720 mm , tinggi 1.135 mm, dan wheelbase 1.380 mm.

Yamaha juga telah melengkapi R3 dengan tangki yang mampu menampung bahan bakar hingga 14 liter, rem cakram berukuran 298 mm di roda bagian depan, dan 220 mm di belakang, piston racing, direct drive camshaft serta carburized conrods.


Loading...

Leave A Comment?