Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Mengemudi Di Tanjakan Menggunakan Transmisi Manual di Mobil

Cara menanjak dengan transmisi manual -  Apakah Anda pernah menjumpai mobil yang tiba-tiba berhenti dan mundur saat berada di jalan menanjak? Mungkin hal tersebut bisa terjadi karena belum menguasai teknik dalam mengendarai mobil ditanjakan. Tidak seperti waktu mengemudi di jalanan yang datar, apabila mengemudi mobil di jalan tanjakan lebih sulit dan harus terampil terlebih jika mobil  menggunakan transmisi manual dan pengendara pemula. 

Jika pada kondisi jalan rata, pengemudi tidak akan banyak melibatkan penggunaan kopling, gas dan rem dalam mengoperasikan mobil. Namun berbeda jika melalui kondisi jalan menanjak, stop and go di tanjakan. 

Pada kondisi jalan menajak yang tidak terlalu tinggi, maka posisi gigi perslening 2 atau 3 sudah cukup. Sedangkan, jika tanjakan cukup tinggi, maka kondisi gigi perslening harus diturunkan ke posisi 1 agar mobil tidak gagal dalam menanjak, dan berakibat mesin mati sehingga mobil mundur turun. 

Jika sedang melewati tanjakan dan kondisi jalan macet mengakibatkan mobil harus berhenti, bagi yang baru belajar menyetir maka kondisi in akan membuat berkeringat dan panas dingin. Bahkan jika panik, mobil dapat mundur dan menabrak mobil di belakangnya. Serta apabila salah dalam penggunaan dapat membuat bau kampas kopling menyengat. 


TIPS MENANJAK DENGAN MOBIL TRANSMISI MANUAL

Pada prinsipnya jika mengalami hal berhenti dan melaju kembali di tanjakan kunci utama adalah jangan panik. Berikut tiga teknik-teknik cara mengemudi mobil transmisi manual ketika di tanjakan : 

1. Menggunakan Rem Tangan 

  • Teknik dengan menggunakan rem tangan dengan cara memposisikan kaki kiri menginjak secara full pedal kopling, kaki kanan tetap bersiaga menginjak pedal gas, sementara posisi tangan kiri tetap bersiap mengendalikan tuas rem tangan. 
  • Saat mobil berhenti di tanjakan, tarik tuas rem tangan dan injak pedal kopling sehingga mobil akan tertahan di tanjakan dengan mesin masih hidup. 
  • Pastikan tuas persneling pada gigi 1, saat akan jalan kemudian tekan lock pada tuas rem tangan dengan secara perlahan turunkan rem tangan. Di saat bersamaan, injaklah pedal gas hingga sekitar 2000 RPM disertai dengan mengangkat kopling hingga posisi setengah (karena akan menggunakan sistem setengah kopling).
  • Pastikan tetap menjaga RPM mesin di atas 2000 RPM dengan kecepatan mobil yang tidak terlampau tinggi saat telah jalan.
  • Saat mobil di depan kembali berhenti dan mengharuskan Anda berhenti juga, maka langsung tarik tuas rem tangan dan injak pedal kopling 
Dalam melakukan dengan teknik ini hal yang perlu diingat, yaitu lakukanlah langkah pengaturan rem tangan dan kopling secara bersamaan agar mobil tidak mundur. 


2. Menggunakan Pedal Rem 

Untuk teknik menggunakan pedal rem ini terbilang cukup sulit, sehingga disarankan untuk yang sudah ahli dalam mengendalikan mobil manual.

  • Saat mobil terhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri dan injak pedal rem dengan kaki kanan.
  • Saat mobil akan jalan, pindahkan kaki kanan ke pedal gas sambil langsung menginjak hingga RPM sekitar 2000 dengan cepat.
  • Kemudian,  disaat bersamaan angkat pedal kopling pada posisi setengah agar mobil tidak mundur ke belakang 


3. Menginjak Pedal Rem dan Kopling Bersamaan 

Untuk teknik ketiga ini hanya bisa dilakukan pada mobil yang memiliki posisi pedal kopling dan rem yang berdekatan.

  • Saat mobil berhenti di tanjakan, injaklah dua pedal sekaligus (pedal rem dan kopling) menggunakan kaki kiri maka secara otomatis mobil akan berhenti dan mesin masih hidup.
  • Pastikan transmisi ada di posisi gigi 1.
  • Saat akan jalan, injaklah pedal gas hingga sekitar 2000 RPM dan secara bersamaan angkat kaki kiri untuk mengangkat kopling dan rem secara perlahan hingga posisi setengah.
Hal ini juga akan menimbulkan menggunakan teknik setengah kopling, namun pedal rem juga telah standby. Sehingga apabila mobil di depan berhenti, Anda dapat langsung menekan kaki kiri untuk memberhentikan mobil dan mesin tetap menyala.


Demikian pembahasan kali ini mengenai tips mengemudi saat ditanjakan dengan menggunakan mobil transmisi manual. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Mengemudi Di Tanjakan Menggunakan Transmisi Manual di Mobil"