Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil Soak dengan Mudah dan Ampuh

Aki mobil soak - Saat ini mobil yang terkenal dengan teknologinya yang canggih, khususnya teknologi mobil mengikuti perkembangan zaman, sehingga sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki mobil yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setiap mobil pasti menggunakan aki atau baterai sebagai suplai dan penyimpan daya untuk dimanfaatkan komponen. Aki atau baterai terdapat dua macam sejauh ini yaitu aki tipe kering dan aki tipe basah. 

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harus menjaga perawatannya, karena jika aki rusak maka mobil tidak akan berfungsi dengan baik. Maka dari itu, jika bisa memperbaiki aki mobil kering apabila suatu saat aki mobil rusak dapat bermanfaat  bila suatu saat rusak. 


CIRI-CIRI AKI SOAK

Tentunya pemilik kendaraan mengetahui bahwa kendaraannya dilengkapi dengan baterai, sehingga bisa mengeluarkan aliran listrik. Biasanya aki mobil yang tipe basah menggunakan air sehingga akan mengering setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Dalam hal ini, selain mengetahui cara memperbaiki aki kering dan aus, pemilik mobil juga harus memahami karakteristiknya. Dengan cara ini, jika masalah ini terjadi, Anda dapat segera memperbaikinya. Kebanyakan pemilik kendaraan kurang memperhatikan aki mobil karena terletak di dalam mesin dan tidak bisa dilihat secara langsung. 

Dalam hal ini, kondisi paling umum untuk kendaraan adalah dengan baterai yang sulit menghidupkan starter. Kendaraan yang tidak memiliki baterai akan mengalami kegagalan fungsi dan cenderung tersendat-sendat saat dihidupkan.

Ciri berikutnya dari aki yang mengalami kerusakan adalah peforma klakson yang tidak lagi maksimal suaranya. Kebanyakan aki soak menyebabkan suara klakson melemah tidak sekuat biasanya dan semakin berat. Suara klakson lemah ini dapat membahayakan pengendara lain dan sendiri bila terus diabaikan. 

Kondisi lain yang perlu diperhatikan selain klakson lemah adalah lampu yang meredup. Kedua hal tersebut akan berakibat fatal apabila terus diabaikan karena akinya yang soak. Ciri lain kekeringan aki adalah bodi utama mesin tempat aki bertengger menjadi lebih gemuk atau menggelembung.


CARA MEMPERBAIKI AKI KERING

Jika ingin memperbaiki aki mobil anda maka harus mempersiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan agar proses nya cepat. 

Maka siapkan terlebih dahulu alat dan bahan seperti : 

  • Air aki 
  • Obeng 
  • Lem Plastik 
  • Jarum Suntik 
  • Kain

Karena membeli aki mobil sangat mahal, apalagi aki mobil pasti lebih mahal dari aki sepeda motor. Sehingga pemilik mobil diharapkan dapat mengetahui masalah dan memperbaiki aki dengan sendiri. Berikut ini langkah-langkah cara memperbaiki aki mobil yang dapat dipraktikan apabila menemui kerusakan dan akan memperbaiki:

1. Mengeluarkan Aki dari Kendaraan

Keluarkan aki mobil dari mobil untuk memudahkan perawatan, karena aki pada dasarnya berada di dalam kap depan mobil. Karena setiap mobil memiliki tata letaknya sendiri, harap letakkan di bawah mobil atau di tempat lain yang kering. Kemudian hilangkan adhesi, debu, atau kerak pada aki mobil. Jika memungkinkan jangan hanya menggunakan lap saja, tapi gunakan air, agar proses pembersihan lebih mudah selesai. 

2. Membuka Cover Baterai 

Apabila sudah selesai membersihkan bagian dari luar aki mobil, langkah selanjutnya adalah bisa membuka cover aki mobil anda dengan menggunakan obeng, anda bisa gunakan obeng (-) dengan cara yang kuat dan hati-hati agar tidak menambah kerusakan pada aki mobil anda karena tutup cover melekat dengan kuat dan bahan mudah pecah karena plastik. 

3. Tutup Kecil 

Langkah selanjutnya apabila sudah berhasil membuka tutup cover aki mobil dengan obeng (-) maka langkah selanjutnya adalah mencari tutup kecil di dalam bagian aki yang terbuat dari karet bulat berbentuk bulat. Di dalam aki biasanya terdapat 3 buah tutup dan jika untuk aki yang ukurannya lebih besar dengan memiliki ampere yang besar. 

4. Air Aki 

Air aki yang sudah di siapkan maka akan di gunakan untuk aki kering mobil anda. yaitu dengan cara di suntikkan air aki ke dalam setiap lubang aki mobil anda dengan perlahan – perlahan dan pengisiannya jangan sampai terlalu penuh, di perkirakan ada jarak 1 cm dari tutup lubang aki. 

5. Menutup kembali Tutup Cover

Apabila anda sudah selesai mengisi air aki ke dalam lubang – lubang aki mobil anda maka tutuplah kembali cover yang berada di atas aki mobil anda dengan rapi agar terhindar dari bocoran dan rembesan nantinya. Apabila anda masih meragukan apakah tutup aki anda sudah benar – benar rapi dan tidak akan mengalami kebocoran atau rembesan nantinya maka anda bisa menggunakan lem plastik untuk lebih kencang dalam penutup nya. 

6. Menghubungan Aki dengan Kabel (+) dan Kabel (-) 

Setelah cara–cara di atas sudah anda lakukan maka yang terakhir adalah melakukan proses pengisian atau charger aki dengan menghubungkan aki mobil anda dengan battery charging. Selain dengan di charging dengan alat tersebut, juga bisa menggunakan jumper dengan baterai lainnya untuk menghidupkan starter dan biarkan mesin hidup untuk sistem pengisian.

7. Pastikan Mesin Terus di Panaskan Tiap Hari

Salah satu penyebab aki soak adalah tidak pernah memanaskan mesin dalam jangka waktu tertentu, terutama lebih dari satu minggu. Pastikan anda memanaskan mesin mobil sekitar 5-10 menit setiap harinya.


Nah diatas merupakan pembahasan mengenai cara perawatan aki kering. Semoga dapat bermanfaat apabila Anda menemukan permasalahan tersebut.

Posting Komentar untuk "7 Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil Soak dengan Mudah dan Ampuh "