Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Rekomendasi Berat Roller Motor Matic Yamaha: Mio, Fino, Xeon, Aerox, N-Max, X-Max

Ukuran Berat Roller Honda- Roller merupakan salah satu dari komponen pada CVT motor matic yang dalam perawatan selalu dicek secara berkala untuk menjaga performa kendaraan terjaga. Saat servis motor, mekanik akan memeriksa kondisi roller dan apabila hasil sudah aus, maka roller harus diganti dengan yang baru sesuai dengan spesifikasi motor tersebut. 


Sebenarnya sebelum ke bengkel servis rutin, Anda dapat mulai mengamati pertanda roller aus. Akan tetapi masih banyak dari pengguna motor yang masih awam terhadap perawatan roller pada motor matic.

Pada artikel berikut ini Mintips akan bagikan info mengenai berat roller dari merk Yamaha, tentu saja dengan tipe motor yang Anda miliki. Untuk Artikel ini kami akan membagikan daftar kode pada motor matic pabrikan Yamaha.


FUNGSI ROLLER

Daftar Roller Matic Yamaha - Pada motor matic komponen CVT seringkali mengalami kerusakan dan perlu penggantian secara periodik, diantara komponen tersebut adalah Roller CVT. Komponen yang memiliki ciri berbentuk bulat ini memiliki fungsi utama untuk menjadi penggerak pulley depan dan juga memungkinkan komponen belt agar bisa naik turun saat motor dihidupkan sesuai dengan putaran mesin. 

Karena bentuk dari roller CVT yang berbentuk bulat inilah yang mempermudah varator untuk bergerak. Sehingga kalau roller sudah tidak bulat sempurna makan akan menyebabkan terjadi gangguan ketika motor berjalan. Komponen roller CVT ini mempunyai batas pemakaian, penting apabila sudah waktunya untuk diganti karena ketebalan dari roller akan berkurang atau aus. 

Secara fisik memang kerusakan yang terjadi pada komponen roller ini hanya bisa kita ketahui dengan membongkar CVT terlebih dahulu. Akan tetapi dengan merasakan motor matik yang menunjukan gejala roller ini aus kita dapat menyimpulkannya.


CIRI-CIRI ROLLER AUS

Letak dari roller yang berada di dalam pulley depan ini bekerja dengan cara berputar serta bergeser tanpa henti saat Anda sedang berkendara menyesuaikan dengan kecepatan rpm. Ketika roller aus, Anda bisa mengamati hal-hal berikut ini yang menjadi gejala perlu perawatan  pada komponen roller: 

  1. Timbulnya suara kretek-kretek dari CVT. Roller dapat mengeluarkan bunyi tersebut karena bentuknya yang sudah peyang atau tidak sesuai dengan bentuk awal, sehingga akhirnya bergesekan dengan rumah roller minimbulkan suara abnormal. 
  2. Motor menjadi ngeden (tidak bertenaga). Hilangnya performa atau tarikan yang seakan-akan ngeden atau berat pada motor merupakan salah satu gejala apabila ada abnormal pada komponen CVT.  

Apabila sudah mengalami setidaknya satu dari tanda di atas, maka tidak ada salahnya untuk segera membawa motor ke bengkel resmi untuk memeriksa kondisi roller, sekaligus servis CVT agar kondisi berkendara menjadi nyaman dan aman. Atau kalau ingin menganti sendiri roller pastikan agar sesuai dengan spesifikasi pabrik agar tidak mempengaruhi kinerja. 


DAFTAR ROLLER MATIC YAMAHA  

Bobot roller yang tercantum di sini adalah berat roller motor matic standar bawaan pabrik Yamaha. Berikut ini merupakan daftarnya, jangan sampai salah pilih.

No Tipe Motor Yamaha Ukuran Berat Roller
1 Yamaha Xride 8 Gram
2 Yamaha Aerox 155 13 Gram
3 Yamaha NMAX 13 Gram
4 Yamaha Xride 125 10 Gram
5 Yamaha Mio Sporty CW 11 Gram
6 Yamaha Mio Sporty 10 Gram
7 Yamaha Xeon RC 9,5 Gram
8 Yamaha Fino 10,5 Gram
9 Yamaha Mio J 9,5 Gram
10 Yamaha Xeon RC 9,5 Gram
11 Yamaha Fino 10,5 Gram
12 Yamaha Xeon 10 Gram
13 Yamaha Xride 125 10 Gram
14 Yamaha Xride 8 Gram
15 Yamaha Mio GT 9,5 Gram
16 Yamaha Mio M3 10 Gram
17 Yamaha Mio Smile 10,5 Gram
18 Yamaha Nouvo 11 Gram
19 Yamaha Soul GT 9,5 Gram
20 Yamaha Mio Soul 10,5 Gram

PENUTUP

Dalam pemilihan roller pada CVT jangan asal pasang, simak katalog ukuran berat roller motor matic Yamaha diatas. Jangan sepelekan hal kecil termasuk pemasangan roller motor matic Anda, karena akan berimbas pada performa dan malah lebih boros karena roller gampang rusak. Sehingga pakailah roller yang sesuai anjuran dari pabrikan terlebih saat ini banyak roller aftermarket dijual dengan harga yang murah dengan beragam merek. 

Demikian pembahasan kali ini mengenai roller pada matic Yamaha. Semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Daftar Rekomendasi Berat Roller Motor Matic Yamaha: Mio, Fino, Xeon, Aerox, N-Max, X-Max"