Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Lampu Motor Redup dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab lampu redup - Lampu adalah bagian penting untuk menjaga jarak pandang saat mengemudi. Fungsi utama lampu kepala adalah menerangi bagian depan kendaraan saat berkendara. Dengan lampu depan, bidang pandang pengemudi didepan bisa dipertahankan meski dalam kondisi minim cahaya. 

Lampu depan terdiri dari lampu jarak dekat dan jauh. Kedua fungsi jauh dan dekat lampu tersebut dapat dinyalakan secara terpisah atau pada waktu yang bersamaan. Untuk melakukan pengaturan, Anda hanya perlu menggunakan sakelar kendali lampu depan (disebut sakelar pengatur lampu). Letaknya di sisi kanan setir pada kendaraan pada mobil, jika pada kendaraan motor pengaturan jarak jauh dan depan pada sakelar kiri.

Sehingga lampu merupakan  komponen vital pada kendaraan untuk menjaga visibilitas selama berkendara. Namun, jika lampu pada kendaraan anda meredup, pemilik motor disarankan untuk tidak panik dan tergesa-gesa mengganti lampu bohlam dengan yang baru tanpa melakukan diagnosis. 

Untuk kesempatan ini kita akan membahas permasalahan lampu redup pada sepeda motor


PENYEBAB LAMPU MOTOR REDUP

Terdapat 10 hal yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk mengganti lampu. Berikut ini kita akan kita bahas:


1. Kualitas dan Jenis Bohlam Lampu

Kualitas bohlam lampu pada sepeda motor mempengaruhi terang atau redupnya lampu depan sepeda motor. Pastikan bohlam pada sepeda motor memenuhi standar pabrik untuk jenis sepeda motor tersebut. Gunakan produk original sepesifikasi kendaraan untuk hasil terbaik. 

Standar pembuatan lampu pada sepeda motor biasanya dimulai dari 24 watt pada 12 volt, 35 watt pada 12 volt, atau 55 watt pada 12 volt. 

Namun, jika sepeda motor Anda menggunakan lampu jenis LED, tetapi masih redup, maka jelaslah bahwa bukan kualitas lampu yang menjadi masalah lampu redup sepeda motor.


2. Mika atau Reflektor Lampu Buram

Seperti produk elektronik dan otomotif lainnya, lampu mika atau reflektor memiliki masa pakai yang dapat mempengaruhi cahaya lampu. Jika umur reflektor sudah jelek atau sudah digunakan dalam waktu lama yang mengakibatkan reflektor kusam, maka akan menyebabkan cahaya lampu sepeda motor akan tampak redup. Hal ini biasa jika umur dari kendaraan sudah lama digunakan dan penggunaan reflektor dan mika tidak original (kw).

Seiring bertambahnya masa pemakaian, lampu mika sepeda motor akan semakin kabur. Untuk mengatasi masalah ini, kaca harus diganti. Sesuai dengan jenis sepeda motor, pastikan suku cadang yang digunakan adalah suku cadang asli.


3. Sakelar Lampu Kotor

Sakelar penerangan merupakan komponen yang sama pentingnya, tetapi sering kali diabaikan. Masalah pada saklar lampu sepeda motor mungkin menjadi salah satu penyebab redupnya cahaya lampu sepeda motor. 

Masalah ini mungkin disebabkan oleh masa pakai yang lama dan kurangnya perawatan. Penggunaan jangka panjang akan menyebabkan sakelar kendur, sehingga cahaya yang dihasilkan oleh bohlam tidak stabil dan bergantian antara terang dan redup. Selain itu, debu dan karat pada sakelar lampu dapat memicu redupnya cahaya akibat penyumbatan arus. Masalah saklar lampu ini tidak berlaku untuk tipe motor terbaru. Motor yang diproduksi saat ini mengadopsi teknologi automatic headlight on (AHO). Teknologi ini memungkinkan lampu motor tetap menyala setiap saat tanpa menggunakan sakelar untuk on / off.


4. Soket Lampu Kendor

Soket lampu merupakan salah satu komponen penting dari lampu sepeda motor. Jika soket lampu ini kendor, arus yang dihasilkan akan meluber kemana-mana. Akibatnya, hanya sedikit arus yang mengalir ke lampu sepeda motor anda. 

Jika dudukan soket lampu kendor, makan akan menyebabkan arus dan tegangan yang dikirim ke lampu mobil kurang dari maksimum. Hal ini akan meredupkan lampu sepeda motor dan untuk menghindarinya dapat melakukan layanan reguler dengan memeriksa komponen ini.


5. Soket Lampu Karatan

Selain kelonggaran, dudukan soket lampu berkarat juga bisa jadi penyebab lampu mobil redup. Soketnya terbuat dari plat. Logam-logam ini akan berkarat seiring waktu. Ada banyak penyebab karat soket. Salah satu penyebab paling umum adalah air hujan yang masuk di antara penutup motor. 

Karat pada soket akan menjadi penghambat arus mencapai bohlam. Karat di tengah arus akan menghalangi tegangan yang disuplai ke lampu motor. Akibatnya lampu sepeda motor meredup. Jika ini terjadi, dudukan soket lampu sepeda motor harus segera diganti.


6. Fitting Lampu Rusak

Tidak hanya soket tetapi juga komponen berupa aksesoris bola lampu yang tidak layak pakai juga dapat menyebabkan lampu motor menjadi redup. 

Kerusakan pada fitting bohlam biasanya disebabkan oleh dudukan lampu yang terbakar disekitar bagian tembaga. Bagian tembaga sangat penting untuk konduktivitas. 

Dudukan lampu yang terbakar jelas akan mengganggu arus dalam lampu, sehingga meredupkan cahaya yang dihasilkan. Aksesori bohlam yang rusak tidak dapat diperbaiki dan tidak dapat dipasang kembali. Di sini, Anda harus mengganti aksesoris lampu motor agar lampu bisa menyala lebih optimal.


7. Baterai (Aki) Lemah

Jika motor Anda menggunakan sistem penerangan DC, anda harus memperhatikan kondisi baterai atau baterai. Aki adalah pusat penyimpanan arus di dalam kendaraan. Aki atau aki digunakan untuk memberi tenaga agar mesin kendaraan bisa dihidupkan. Jika baterai hampir habis, seluruh sistem kelistrikan di dalam kendaraan juga akan melemah. Catu daya yang rusak akan menyebabkan sistem kelistrikan gagal beroperasi secara normal.


8. Kiprok Lemah

Fungsi Kiprok pada motor adalah untuk mengubah arus bolak-balik dari kumparan elektromagnetik (spull) menjadi  arus searah. Kiprok dan spull adalah komponen yang digunakan untuk mengisi baterai. Selain itu, pada saat mesin sedang berjalan, kedua komponen ini juga berfungsi sebagai penunjang sistem kelistrikan. 

Kiprok erat hubungannya dengan aki pada kendaraan. Saat kendaraan dihidupkan, baterai dan baterai memainkan peran penting dalam menyediakan tenaga. Namun, saat mesin kendaraan berjalan, seluruh tugas kelistrikan akan diambil alih oleh kiprok.


9. Spul Penerangan Lemah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, baterai atau aki kendaraan rusak. Hambatan komponen ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kecerahan atau redupnya penerangan motor. Anda harus mengukur resistansi komponen ini untuk memeriksa apakah iluminator dikeluarkan dengan benar. Jika rentang resistansi komponen ini 0,2-1,2 ohm dalam kondisi pengoperasian mesin 40 derajat, maka komponen tersebut normal. Namun, jika angka yang ditampilkan pada resistansi mendekati 2 ohm, Anda dapat memastikan bahwa spull lampu motor mulai melemah dan harus segera diganti.


10. Kabel Lampu Meleleh

Seperti yang disebutkan sebelumnya, baterai atau aki kendaraan rusak. Hambatan komponen ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kecerahan atau redupnya penerangan motor. Anda harus mengukur resistansi komponen ini untuk memeriksa apakah iluminator dikeluarkan dengan benar. Jika rentang resistansi komponen ini 0,2-1,2 ohm dalam kondisi pengoperasian mesin 40 derajat, maka komponen tersebut normal. Namun, jika angka yang ditampilkan pada resistansi mendekati 2 ohm, Anda dapat memastikan bahwa kedipan lampu motor mulai melemah dan harus segera diganti.


Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu redup pada sepeda motor. Semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penyebab Lampu Motor Redup dan Cara Mengatasinya dengan Mudah"