Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sasis Ladder Frame: Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan dalam Penggunaan Mobil

Sebagai pemilik mobil, sudahkah Anda mengenali jenis sasis yang digunakan mobil yang dikendarai selama ini? 

Sasis mobil ibarat rangka pada tubuh manusia, sehingga menjadi sangat penting dalam kehadirannya pada kendaraan. Sasis atau rangka pada mobil berfungsi untuk menopang keseluruhan dari tubuh mobil yang akan menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Sehingga, pada pemilihan dan merancang rangka mobil jangan sembarangan, dikarenakan akan sangat menentukan karakter dari mobil tersebut. 

Pada mobil modern saat ini, umumnya memiliki dua jenis sasis yang sering digunakan, yaitu: monokok dan ladder frame. Dari kedua jenis sasis ini memiliki karakteristik tersendiri dan memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Pembahasan kali akan lebih spesifik ke sasis ladder frame, mari kita simak artikel berikut:


Pengertian Sasis Ladder Frame

Ladder frame chassis merupakan jenis sasis tertua yang pernah dibuat dalam sejarah otomotif. Ladder frame atau nama lainnya yaitu konstruksi body-on-frame, tetapi sering juga disebut dengan sasis tangga dikarenakan bentuknya yang mirip. Konstruksi dari sasis ladder frame ini berbentuk seperti tangga yang terdiri dari dua batang utama melintang yang dihubungkan dengan beberapa batang penguat. 

Batang longitudinal menjadi penyangga utama dikarenakan pada bagian ini yang menopang bobot angkut dan juga energi longitudinal saat akselerasi maupun deselerasi. Sementara batang penyangga lateral akan memberikan ketahanan terhadap gaya lateral dan rigiditas. 

Jenis sasis ini merupakan jenis sasis tertua dan banyak digunakan di kendaraan, khususnya pada kendaraan berbeban berat (heavy duty), selain itu juga untuk truk dan kendaraan komersial lainnya. Biasanya konstruksi kaki-kaki pada mobil SUV dengan rangka ladder frame akan lebih kuat dan memiliki ground clearance yang tinggi, sehingga akan dapat diandalkan untuk melibas medan off-road. Tetapi, dikarenakan sasis dan bodi yang terpisah, mengakibatkan pengendalian atau handling mobil SUV berrangka ladder frame kurang presisi dan radius putarnya sempit. Karena itu, jenis ini dianggap kurang cocok di perkotaan. Sasis ini lebih cocok digunakan untuk kendaraan yang memiliki bobot berat (heavy duty) seperti bus, truk dan kendaraan pengangkut lainnya. Bahan dari pembuatan sasis ladder adalah baja simetris atau model balok yang diperkuat dengan cross members yang akan membuat konstruksinya menjadi lebih kokoh. 

Contoh mobil SUV ladder frame yang dijual di Indonesia antara lain: 

Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Nissan Terra, Land Rover Defender, Ford Everest, Jeep Wrangler, dsb.

Teknologi ini mulai ditinggalkan mobil penumpang kecil sejak 1960 dikarekanan kecenderungan beralih ke sasis jenis monokok. 



Kelebihan dan Kelemahan Sasis Ladder Frame

Dibalik kelebihan dari sasis monokok pasti ada yang menjadi kelemahan dari sasis ladder frame. Berikut ini beberapa kekurangan dari sasis ladder frame:

Sasis ladder frame ini memberikan berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan sasis monokok tergantung dari pemkaiaannya. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari sasis ladder frame:

Kelebihan :

  1. Biaya produksi lebih murah.
  2. Konstruksi kuat dan lebih baik dalam menyerap getaran yang ditimbulkan jalan. 
  3. Handal dalam mengangkut beban berat.
  4. Dapat diandalkan dalam melibas medan off-road yang ringan hingga berat. 
  5. Mudah dalam desain, dibangun, dan dimodifikasi. 
  6. Jika terjadi kecelakaan, tidak terlalu sulit dalam proses diperbaiki apabila terjadi tabrakan. 

Kekurangan :

  1. Rigiditas torsi lebih rendah dari sasis monokok.
  2. Bobot lebih berat dan konstruksinya yang rumit. 
  3. Ruang kabin mobil biasanya lebih terbatas. 
  4. Pengendalian kendaraan kurang presisi. 
  5. Material yang digunakan memiliki bobot yang berat sehingga kinerjanya lebih rendah serta membuatnya tidak hemat bahan bakar.


Sekian pembahasan kali ini mengenai sasis ladder frame dari pengertiannya, serta keuntungan dan kerugian dalam kendaraan. Jadi mau pilih yang mana? Jika Anda menggunakan mobil untuk daerah perkotaan, maka mobil dengan sasis monokok jelas lebih baik. Tetapi jika medan yang akan Anda hadapi lebih banyak tanah basah, apalagi berlumpur, maka SUV dengan ladder frame adalah pilihan yang cocok. Memang tidak senyaman SUV monokok, namun sasis ladder frame jelas lebih tangguh.

Posting Komentar untuk "Sasis Ladder Frame: Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan dalam Penggunaan Mobil"